Kamis, 05 Maret 2015

Karya Ilmiyah


TUGAS AKHIR
LINGKUNGAN BISNIS







Disusun Oleh :

                                                    Nama                : HARIS DHARU PAMUNGKAS
                                                    Kelas                 : D3 MI 02
                                                    NIM                   : 14.02.8771


STMIK AMIKOM YOGJAKARTA
TAHUN AJARAN 2014/2015













KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Karya ilmiah ini dengan judul “Usaha Kuliner katering.Tugas ini saya buat dalam rangka memenuhi salah satu tugas Lingkungan Bisnis STMIK AMIKOM YOGJAKARTA Tahun Ajaran 2014/2015.
Sesuai dengan tugas ini mengulas tentang bagaimana sebuah bisnis jika ditekuni dan diamalkan dengan baik maka akan menjadi sebuah bisnis yang banyak menguntungkan dari segi Ekonomi maupun Non ekonomi
Saya menyadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan, oleh sebab itu saya akan sangat berterima kasih sekiranya mendapatkan masukan/kritikan untuk penyempurnaannya, terutama saya sangat berharap sumbang saran dari Bapak/Ibu pengampu Lingkungan Bisnis. Atas masukan/Kritik saya ucapkan terima kasih.

Yogjakarta,5 Maret 2015


                               
                                                                                                                                 Penulis




ABSTRAK

Semua orang sebenarnya bisa menjadi enterpreneur atau pengusaha tergantung dari besarnya niat dan tekad dari orang tersebut. Banyak keuntungan dengan menjadi seorang pengusaha,seperti kebebasan dalam bekerja atau tidak terikat oleh waktu. selain itu seorang pengusaha juga mempunyai rasa bangga pada diri sendiri karena bisa membuat lapangan kerja sendiri atau  mempekerjakan orang lain. Untuk menjadi pengusaha yang baik diperlukan sikap mental yang positif. Sikap mental positif merupakan salah satu dari jiwa enterpreneur yang menonjol. Setiap pengusaha juga harus mempunyai visi-misi yang jelas pada usaha yang akan dijalankan .Di samping itu berdoa adalah hal yang harus terus menerus dilakukan oleh seorang yang akan melakukan usaha dan yang menjalankan usaha.
Dalam berbisnis atau berwira usaha kita juga dituntut untuk kreatif dan berani beda dengan yang lain. walaupun itu bisnis yang menjamur kita harus tetap mempunyai perbedaan dan ciri khas dengan cara-cara berbisnis kita. tidak terpaku dengan dengan cara bisnis yang sudah menjamur. Dari materi semester 1 lingkungan bisnis terdapat 4 macam enterpreneur pertama, Bussines enterpreneur,Government enterpreneur,Social enterpreneur, dan juga Academic Enterpreneur
.Dan di tugas ini saya akan menulis tentang Bussines Enterpreneur. Peluang Bisnis yang akan saya tulis adalah bisnis katering dan warung makan sederhana, Karena bisnis ini tidak akan mati,  Menurut saya makanan adalah urusan perut yang semua orang pasti membutuhkannya untuk mengisi Energi dalam tubuh. Oleh karena itu saya yakin bisnis kuliner akan terus maju asal dapat menyediakan makanan yang enak,sehat dan berkualitas





ISI

Mengelola bisnis kuliner bukanlah hal yang mudah banyak kendala-kendala yang harus di lalui. Seperti kurangnya promosi,pelayanan pada konsumen yang tidak memuaskan dan lain-lain. Bisnis kuliner pun ada beberapa cabang atau jenis seperti warung makan yang hanya menyediakan makanan berupa nasi rames dan aneka gorengan selain itu ada juga bisnis katering yang  merupakan salah satu bentuk usaha dari industri jasa (HospitalityIndustry), dimana produk utamanya adalah penjualan makanan dan minuman dengan pelayanan jasa lainnya yang berorientasi pada kepuasan konsumen.Target Pasar dari usaha kuliner katering adalah para konsumen yang sedang melakukan hajatan seperti pernikahan,sunatan dan juga acara informal lain yang membutuhkan pesanan makanan cukup banyak. Pada pengelolaan usahanya, katering menangani penyediaan makanan dan minuman di tempat dimana produk usaha itu diselenggarakan  ( In-side catering) atau produk makanan dan minuman di bawa ke luar tempat produksinya ( out-side catering). Penanganan tersebut mencakup dua aspek yaitu aspek pertama berkaitan dengan   penyediaan makanan dan minuman yang memenuhi harapan konsumen yang bersih dan enak pastinya kualitas produk dilihat dari sisi organ oleptik dan visual, keamanan , kenyamanan, jumlah yang sesuai dengan pesanan, ketepatan waktu, dan harga yang relatif terjangkau bagi konsumennya.
Di bisnis katering ketepatan waktu adalah hal yang penting di samping makanan yang bersih dan baru karena jika pengusaha katering tidak bisa menyelesaikan pesanan konsumen dengan tepat waktu akan berpengaruh dengan kepercayaan para calon konsumen ke depannya. Aspek kedua berkaitan dengan penjualan makana dan minuman produk usaha katering. Penanganan usaha jasa katering ada yang berada di  bawah koordinasi perusahaan tertentu, hotel atau organisasi sejenis, sehingga menjadi bagian yang selama ini populer dengan  divisi    food and beverage di bawah manajemen tingkat  menengah atau manajemen operasi  lembaga bersangkutan. Ada juga usaha jasa katering yang berdiri sendiri/independent bukan merupakan bagian dari satu unit usaha lembaga tertentu. Pada dasarnya penggorganisasian tersebut  tidak memberikan perbedaan prinsipnya, sebab merupakan bagian dari pendekatan manajemen untuk menjalankan BASIC NEEDS

Promosi
Untuk promosi usaha ini yang paling mudah adalah dari mulut ke mulut karena promosi seperti ini tidak memerlukan biaya terlalu banyak namun akan menghasilkan Hasil yang sangat bagus. Pembuatan brosur juga perlu dilakukan. selain itu karena sekarang zaman digital dan informasi serba cepat  promosi di internet sangat diperlukan, dengan membagi alamat blog usaha katering anda ke teman-teman facebook atau jejaring sosial lainnya. Pastikan dalam iklan yang anda buat harus Sebagus dan Semenarik mungkin. Bahkan informasinya harus yang sejelas mungkin. seperti nomer telepon agen pemesanan,alamat lengkap perusahaan anda dan Cara untuk memesannya








Penutup

Demikian Ulasan sedikit yang bisa saya berikan Tentang Tips untuk Membuka Peluang Bisnis secara sederhana. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Apabila Masih Banyak kekurangan saya mohon maaf dan pastinya membutuhkan Kritik dan Saran Untuk penyempurnaan Dalam Membuah Karya Ilmiah di lain waktu .


Referensi :
Ø  M.Suyanto,2011,Everyone can become a successful enterpreneur,Andi,Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar